Strategi JOKOWI
Siapa yang tak kenal Jokowi? Anak-anak hingga orang tua sekalipun semua sudah kenal dengan sosok pemimpin yang layak diteladani ini.
Kemarin (1 Januari 2014) diadakan penayangan film Jokowi di SCTV. Sebuah tontonan yang sangat mendidik, penuh nilai edukasi dan begitu menyentuh hati. Tentu saja setelah film Jokowi dipublikasikan, banyak orang yang mau mendownload full movie film Jokowi ini.
Tak hanya melalui film, popularitas seorang Jokowi juga diangkat dengan beragam cara yang luar biasa, mulai dari memakai video parodi di Youtube, melalui kampanye di media sosial dan banyak lagi.
Ibaratkan sebuah brand Jokowi adalah pemimpin pasar saat ini. Sederet brand lain seperti contohnya Gita Wirjawan yang juga gencar berpromosi gila-gilaan di internet tampaknya masih akan cukup sulit untuk menandingi kedahsyatan brand Jokowi.
Apa saja inspirasi yang bisa kita pelajari dari strategi super jitu branding dan kampanye ala Jokowi ini? Berikut 3 pelajaran yang bisa kita petik.
Membangun Pengaruh Melalui Film Jokowi
Anda bertanya-tanya, di manakah bisa mendownload full movie film Jokowi?
Bagi Anda yang mau mendownload (mengunduh) film Jokowi secara gratis maka Anda bisa mendownloadnya melalui Youtube.
Inilah full movie dari film Jokowi. Anda tinggal mendownload film ini secara GRATIS melalui Youtube.
Ada sangat banyak orang yang mencari link download film Jokowi di internet, ini adalah salah satu contoh nyata betapa populernya Joko Widodo. Jika seandainya Joko Widodo menjadi calon presiden di 2014 tentu saja kekutan kampanye beliau sangat besar. Sulit bagi kompetitor lain untuk sekadar menyamai Jokowi.
Jokowi sudah unggul beberapa langkah di depan para persaingnya. Salah satunya adalah melalui film. Para pesaing Jokowi belum tentu bisa berkampanye melalu film, namun Jokowi “secara GRATIS” bisa berkampanye melalui film.
Dan kita tahu sendiri bahwa film adalah salah satu media yang sangat efektif dalam mempengaruhi opini publik. Sebab di dalam film ada permainan emosi, penonton dibuat tertawa, gembira, sedih, kagum, antusias dengan figur Jokowi. Bahkan banyak penonton film Jokowi yang bisa meneteskan air mata.
Tak heran, sehabis menonton film Jokowi banyak orang yang akan makin kepincut dengan orang nomor satu di DKI ini.
Nah pelajaran bagi kita para internet marketer bahwa konten yang disajikan dalam bentuk cerita/tayangan sangatlah efektif dalam mempengaruhi orang lain.
Gandeng Para Buzzer/Blogger
Jokowi benar-benar luar biasa. Entah kenapa dan cukup mengherankan ada banyak blogger yang rela mempromosikan brand “Jokowi” ini. Para buzzer dan blogger itu banyak yang tidak dibayar, tetapi mereka sudah begitu jatuh hati dengan sosok Jokowi. Karena itulah meski tidak dibayar sekalipun mereka dengan antusias menyebarkan promosi tentang Jokowi. Jokowi sudah benar-benar berhasil merebut hati publik.
Pelajaran bagi kita para pelaku bisnis, kekuatan “word of mouth marketing” sangatlah luar biasa. Ketika produk kita benar-benar berkualitas dan membuat pengguna jatuh hati, mereka akan dengan senang hati membantu menyebarkan brand kita. Mereka rela tidak dibayar. Mereka dengan antusias mengajak kawan-kawannya untuk ikut merasakan kualitas dari produk kita.
Untuk itu, kita juga bisa menggandeng semua konsumen untuk menjadi buzzer dari produk kita. Anda juga bisa kembali mengoptimalkan para blogger untuk membantu mengkampanyekan brand (merek) Anda.
Sederhana, Jujur dan Berkualitas Adalah Kuncinya
Sosok Jokowi dicitrakan sebagai sosok yang jujur, sederhana dan begitu berkualitas. Bagi Anda yang sudah menonton film Jokowi tentu saja sudah melihat sendiri betapa sederhana sosok Jokowi. Pembawaan yang halus, kejujuran yang tetap dinomorsatukan menjadikan beliau begitu menarik.
Pelajaran bagi kita semua, bahwa sederhana, jujur dan berkualitas adalah nilai-nilai yang harus kita pegang teguh dalam setiap kegiatan bisnis yang kita jalankan.
Sederhana, ini konsep yang sangat penting. Kita harus sesederhana mungkin mengemas segala sesuatu. Sederhanakan proses distribusi produk Anda, buatlah konsumen dengan mudah mengakses produk Anda. Sederhanakanlah produk Anda, buatlah konsumen merasa praktis dan begitu gampang memakai produk Anda.
Perpaduan antara jujur, sederhana, dan berkualitas akan menjadikan produk kita benar-benar luar biasa, menancap di hati pengguna dan efeknya tentu saja kita bisa berharap produk kita kelak bisa punya brand sehebat dan sekuat Jokowi.
Posting Komentar