Strategi OBAMA - SEWA BUS DAN MOBIL JOGJA

Strategi OBAMA

OBAMA
Tiap kali saya mengunjungi website politisi & parpol peserta pemilu 2014, saya menemukan satu kesalahan yang sama. Kesalahan besar. …Jika itu juga terjadi pada website parpol/caleg Anda, maka website Anda dapat ‘menyabotase’ tujuan kampanye online Anda sendiri. Namun Anda bisa menghindari kesalahan tersebut, jika Anda bersedia melakukan sedikit perubahan. Tapi sebelumnya, mari kita lihat apa kesalahan besar tersebut. Kesalahan Besar Jika Desain Website Anda Tidak Mencerminkan Tujuan Kampanye Anda Bagaimana cara mengetahui Anda telah melakukan kesalahan ini ? Pertanyaan bagus. Kesalahan itu terlihat, ketika desain website Anda tidak bisa menjelaskan apa sebenarnya yang Anda inginkan dari pengunjung. Desain website Anda akan tampak seperti ini : Terdapat puluhan menu yang tersebar di sekujur bar navigasi dan sidebar Anda… Sepuluh ikon social media, tweet feed, daftar 10 kategori, 10 komentar terakhir, 10 artikel terbaru, dan….. (Anda bisa menambahkannya sendiri). Ketika Anda menampilkan sebuah link, itu artinya Anda menginginkan pengunjung klik pada link tersebut. Sekarang pertanyaannya, apakah itu yang Anda inginkan ? Meminta pengunjung meng-klik puluhan link ? ….Atau, Anda hanya menampilkan link menu yang akan mengantar Anda mencapai tujuan kampanye yang telah ditetapkan….Kemudian Anda menghapus sisanya, agar pengunjung tidak mengalihkan perhatiannya dari apa yang Anda inginkan. Baik, itu pertanyaan konyol. Tentu saja Anda ingin yang terakhir. Tapi sebelum Anda memilih menu apa saja yang akan ditampilkan, Anda mesti menentukan tujuan kampanye yang ingin Anda capai, bukan ? Saya akan menunjukkan caranya kepada Anda. …Karena manusia lebih cepat memahami lewat contoh, maka saya akan mengambil contoh sebuah ‘website kandidat’ terbaik yang pernah ada hingga hari ini. Website milik Barrack Obama. Rahasia Dibalik Desain Website Yang Memenangkan Obama Pada Pilpres AS 2012… Saya mengikuti up date barackobama.com sepanjang pelaksanaan kampanye pilpres AS kemarin. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kesuksesan kampanye Obama, namun yang paling mencolok yaitu, kejeniusan tim Obama mendesain website diatas prinsip ‘Desain mengikuti fungsi’. Lihat secreenshot berikut ini. (Catatan : screenshot dibawah merupakan tampilan website Obama saat kampanye pilpres AS 2012 berlansung. Desain itu telah mengalami perubahan setelah Obama dilantik menjadi presiden).strategi kampanye politik online Obama Seperti Anda lihat, desain website Obama mencerminkan 3 fungsi utama sebuah website yang dimaksudkan untuk kampanye politik. Desainer web Obama hanya menampilkan menu pada homepage yang bermanfaat untuk mencapai 3 tujuan kampanye mereka :. 1. Menghimpun donasi (panah merah) Menghimpun donasi, tidak bisa dipungkiri lagi, merupakan target utama dari website Obama. Hal ini terlihat dari penempatan link donasi di 3 area paling strategis dalam sebuah website. Dimulai dengan sebuah tombol tepat di kiri atas header. (Menurut hasil riset eye-tracking, bagian kiri atas header merupakan area pertama yang dipindai mata pengunjung begitu mereka tiba di sebuah website). Kedua, banner besar tepat dibawah tab navigasi yang menampilkan foto Obama dengan formulir 2 kolom plus tombol (CTA) untuk memberikan donasi. Ketiga, sebuah tombol berwarna biru mencolok pada sidebar untuk pemberian donasi cepat $ 5. 2. Merekrut relawan (panah hijau) Tim Obama menampilkan 4 menu pada homepage mereka untuk menjaring relawan. Pertama pada salah satu dari 3 tab navigasi tepat dibawah header. Jika pengunjung klik tab Get Involved, maka isinya akan terlihat seperti screenshot dibawah : strategi pemilu 2014 a la ObamaTiga menu lainnya terdapat pada sidebar. 3. Content marketing (panah kuning) Tim Obama memanfaatkan konten sebagai alat pemasaran untuk mempengaruhi opini dan meraih simpati publik. Tidak tanggung-tanggung, mereka memanfatkan semua varian konten kampanye mulai dari artikel, berita, blog post, foto sampai video. Anda bisa melihatnya pada 3 menu pilihan bagi pengunjung untuk mengkonsumsi konten kampanye. …Pada tab navigasi Get the Facts. cara kampanye online untuk memenangkan pemilu 2014Pada tab navigasi Get the Latest… strategi pemenangan pemilu 2014 menggunakan media online…dan bergulir sedikit dibawah spanduk besar Obama, pengunjung lansung disuguhkan pada posting blog terbaru. Kesederhanaan merupakan ciri mendasar dari website Obama. Bar navigasi dan sidebar mereka bersih dari kekacauan menu dan widget yang tidak mendukung pencapaian 3 tujuan diatas. Pada akhirnya, desain itu berdampak nyata pada perilaku pengunjung di website mereka, yaitu….. Pengunjung tahu apa yang harus mereka lakukan di website Obama Apa yang Anda tampilkan mencerminkan apa yang Anda inginkan dari pengunjung. Titik. Ketika Anda berkunjung ke website Obama, Anda tahu tindakan apa yang harus Anda perbuat disana. Tidak ada kebingungan. Pilihan Anda hanya 3 : Memberikan donasi, menjadi relawan, atau mengkonsumsi konten kampanye mereka. Tim Obama tidak menginginkan Anda mengambil tindakan diluar itu. Trik pemasaran yang jenius, benar ? Tak heran jika kampanye online mereka mengungguli Mitt Romney. Konstituen tidak tahu keinginan mereka sampai Anda menunjukannya kepada mereka. –> Click to tweet Bagaimana, tertarik mengadopsi strategi Obama kedalam desain website kandidat Anda ?

Related Product :

+ komentar + 1 komentar

30 Januari 2014 pukul 18.07

kerennnn

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SEWA BUS DAN MOBIL JOGJA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template supported super blog pedia
Proudly powered by Blogger